7 MASJID TERBESAR DI INDONESIA



Indonesia memang kaya akan kesenian, keragaman serta peninggalan bersejarahnya. dengan penuh kekayaan pesona alamnya, hingga dalam hal bangunan-bangunannya pun bisa dibilang kaya dengan unsur seni, khas dan sejarah.

Dalam artikel ini, Bata akan memberikan Informasi kepada sobat semua tentang beberapa bangunan termegah, terbesar serta terbaik Indonesia, dan yg diulas adalah 7 Masjid Terbesar di Indonesia,
seperti judul artikel di atas.

Indonesia memang termasuk salah satu negara dg Masjid terbanyak didunia, bukan cuman itu saja, dengan tersebarnya masjid diseluruh hingga penjuru negeri ini, ada beberapa yg menarik untuk diketahui, seperti halnya Masjid Nabawi di Arab Saudi, Indonesia juga memiliki uMasjid yg sangat besar dan bersejarah, yg akan dibahas dibawah ini :

1. MASJID ISTIQLAL, JAKARTA


Masjid ini memiliki luas bangunan 2,4 hektare di atas tanah seluas 9,3 hektare, masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara yang mampu menampung hingga 200 ribu jamaah.

Daya tampung tersebut terbagi di empat titik, yakni ruang shalat utama dan balkon serta sayap dengan kapasitas 61 ribu jamaah, ruang pada bangunan pendahuluan 8 ribu jamaah, ruang teras terbuka di lantai dua memuat 50 ribu jamaah dan semua koridor dan tempat lainnya 81 jamaah.

Selain sebagai tempat ibadah di Jakarta, masjid yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 22 Februari 1978 ini, juga menjadi obyek wisata religi, pusat pendidikan dan pusat aktivitas syiar Islam.


2.MASJID RAHMATAN LIL-ALAMIN, INDRAMAYU. 

Masjid ini memiliki luas sampai 6,5 hektare. Lantai bangunan dari masjid ini memiliki ukuran 99 x 99 meter dimana terdapat 7 lantai (ditambah dengan lantai basement) dengan memiliki 5 buah kubah masjid dan satu menara.

Tinggi dari masjid rahmatan lil alamin sekitar 73,125 meter sampai ke puncak kubah, 


3.MASJID AGUNG, SEMARANG


Masjid Agung Semarang memiliki luas 7,6 hektare, dan halaman seluas 7,5 hektare. Masjid yang mampu menampung jamaah tak kurang dari 15 ribu jamaah ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, pada tahun 2006. Upacara peresmian ditandai dengan penandatanganan batu prasasti setinggi 3,2 m dan berat 7,8 ton yang terletak di depan masjid. Prasasti terbuat dari batu alam yang berasal dari lereng Gunung Merapi.

Berikut Kumpulan Galeri Gambar Masjid Agung Semarang...!!!


4.MASJID ISLAMIC CENTER, SAMARINDA


Masjid ini memiliki luas bangunan utama 4,3 hektare. Untuk luas bangunan penunjang adalah 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 1 hektare. Sementara lantai dasar masjid seluas 1 hektare dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi. Sedangkan luas lantai mezanin (balkon) adalah 5.290 meter persegi. 

6. MASJID AL-AKBAR, SURABAYA


Masjid ini memiliki luas 2,2 hektare, dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Bentuk atap MAS terdiri dari 1 kubah besar yang didukung 4 kubah kecil berbentuk limasan serta 1 menara. Keunikan bentuk kubah MAS ini terletak pada bentuk kubah yang hampir menyerupai setengah telur dengan 1,5 layer yang memiliki tinggi sekitar 27 meter.


6. MASJID RAYA BAITURROHMAN, ACEH


Masjid ini memiliki luas masjid 4,7 hektare, dengan menggunakan lantai marmer buatan Italia. Perluasan yg terjadi dapat menampung 9 ribu jemaah. Selain itu, juga dilakukan penambahan kubah hingga 7 buah, 4 menara, dan 1 menara induk di luar bangunan masjid.

Di luar area masjid, pelatarannya memiliki luas hingga 4 hektare dan memiliki sebuah kolam. Beberapa bagiannya berupa lapangan berumput. Tentu saja penampakan itu kini tak terlihat karena saat dilakukan renovasi kembali.


7.MASJID DIAN AL-MAHRI


Masjid ini memiliki luas area 8 hektare, terdiri dari bangunan utama, mezamin, halaman dalam, selasar atas, selasar luar, ruang sepatu, dan ruang wudhu. Masjid mampu menampung 15 ribu jemaah shalat dan 20 ribu jemaah taklim. Masjid ini merupakan salah satu di antara masjid-masjid termegah di Asia Tenggara.


Itulah 7 MASJID TERBESAR DI INDONESIA menurut Angkapedia.


Jika ada sebuah pertanyaan, saran atau informasi terkait artikel diatas harap masukkan di kolom komentar, Terima kasih.




Film Lainnya


Komentar :